-->

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online di Shopee Bagi Pemula

Jualan di ShopeeBerjualan online hakekatnya tidaklah susah dan terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pemula supaya Anda bisa berjualan dengan berhasil. Artikel ini akan membahas cara-cara hal yang demikian yang bila bisa membantu jualan Anda.



Jualan Online
Berjualan online adalah suatu cara mendapatkan penghasilan yang mulai mendapatkan atensi banyak orang. Pasalnya, berjualan online tidak membutuhkan modal besar tetapi kemungkinan keuntungannya sangat tinggi. Tidak heran banyak orang yang berbondong-bondong bermigrasi dari seorang pegawai menjadi penjual online. Namun tiap-tiap bisnis pasti memiliki hambatannya sendiri dan sebagai pemula, Anda tidak perlu takut untuk mengawali berjualan online.

Sistem Jualan Online
Terdapat 5 cara simpel yang bisa membantu Anda sebagai pemula untuk berhasil berjualan online.

Berikut adalah cara-cara hal yang demikian:

Sistem #1: Ketahuilah Apa yang Akan Anda Tawarkan
Bisnis sendiri terdiri dari 2 ragam, ada yang memasarkan produk dan ada yang memasarkan jasa. Sebelum Anda mengawali bisnis online, Anda seharusnya mengetahui apa yang akan Anda tawarkan. Menawarkan produk, berarti Anda berjualan suatu barang dengan cara online. Anda bisa membeli atau memproduksi barang jualan Anda sendiri atau Anda memakai cara dropship. Selain produk fisik, Anda bahkan bisa berjualan produk digital seperti karcis online, pulsa dan semacamnya.

Selain penawaran produk, Anda bahkan bisa menawarkan jasa secara online. Sebagian teladan penawaran jasa secara online adalah jasa pengetikan, jasa penterjemah atau jasa pembuatan laman. Saja opsi jualan Anda, yang seharusnya Anda amati adalah Anda seharusnya benar-benar menyenangi bisnis hal yang demikian supaya bisa berkembang di rentang panjang.

Sistem #2: Membangun Pondasi Media Sosial
Salah satu cara untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda ke khalayak ramai adalah dengan memanfaatkan media sosial. Anda bisa membayar jasa pembelian follower aktif dengan harga yang cukup murah dan variatif tergantung dengan jumlah follower yang Anda inginkan. Selain itu, Anda bahkan bisa memakai jasa influencer di media sosial untuk melaksanakan endorsement terhadap produk atau jasa Anda. Media sosial yang bisa Anda gunakan adalah Instagram, Blackberry Messenger, Twitter dan Facebook.

Facebook

Anda bisa membuat page untuk jualan online dengan memakai foto profil yang paling tepat untuk merepresentasikan bisnis Anda. Di dalam page Anda, sebisa mungkin untuk memberikan deskripsi yang detil atas jualan Anda.

Instagram

Engagement rate di Facebook, cuma sekitar 0,05%-1%, padahal pada Instagram, engagement rate mencapai 4,21%. Ini berarti posting Anda akan mendapatkan respon yang lebih banyak seperti like/komentar. Tiap foto yang Anda unduh di Instagram sebaiknya memakai hashtag (#) yang relevan dan disertai dengan deskripsi yang detil tetapi singkat.

Blackberry Messenger

Jejaring sosial ini bisa Anda gunakan sebagai sarana komunikasi serta memasarkan produk. Terdapat beberapa opsi jejaring sosial lainnya yang menawarkan jasa serupa seperti LINE@, Whatsapp atau WeChat.

Selain murah dan mudah, pemasaran atas produk Anda bahkan bisa dijalankan dengan pesat dan instan. Walaupun sosial media sangat berkhasiat, tetapi seharusnya diingat bahwa sosial media bukanlah tempat jualan Anda. Langkah selanjutnya adalah dengan membangun tempat jualan Anda.

Sistem #3: Membikin Situs Pribadi
Memang untuk tahap permulaan, Anda bisa memakai sosial media untuk perkenalan bisnis Anda atau memasang iklan di laman orang lain yang memiliki traffic tinggi. Namun untuk bisa terus memaksimalkan bisnis Anda, seharusnya Anda memiliki laman pribadi yang mana laman hal yang demikian bisa diciptakan “tempat jualan” Anda.

Dibutuhkan tarif untuk membuat  sebuah laman, seperti tarif hosting yang per bulannya sekitar Rp20.000-Rp30.000 dan tarif domain sekitar Rp100.000 per tahun. Berarti per bulannya Anda membutuhkan tarif sekitar Rp40.000 dimana bila Anda berhasil mendapatkan profit lebih dari tarif hal yang demikian, maka Anda sudah “balik modal”.

Sistem #4: Lakukan Pemasaran yang Pas
Secara garis besar terdapat 3 kelompok sosial orang yang memakai internet, pertama untuk mencari berita, kedua untuk mencari hiburan dan yang terakhir adalah untuk membeli produk atau jasa. Dengan memakai content marketing dan sasaran kelompok sosial yang tepat, maka Anda bisa dengan mudah memasarkan produk Anda.

Kumpulkan e-mail dari calon pelanggan sehingga pemasaran Anda bisa bersifat lebih pribadi, ini adalah cara kerja list building dan Anda bisa memakai e-mail marketing untuk melaksanakan penjualan dan menjalin hubungan positif dengan konsumen. Sistem ini juga bisa membangun bisnis Anda di rentang panjang.Sistem #5: Berikan Nilai Tambah
Agar bisa unggul dibandingi para pesaing Anda, sebaiknya jualan Anda memiliki nilai tambah. Nilai tambah yang hal yang demikian bisa berupa jalan masuk layanan yang pesat dan mudah. Anda bahkan bisa memberikan mutu jasa dan produk yang melebihi pesaing Anda.

Cara jualan di Shopee - Nilai tambah hal yang demikian bisa menjadi nilai plus untuk membangun kredibilitas Anda di mata konsumen. Kian baik nilai tambah Anda, semakin banyak pembeli yang akan mempercayai produk Anda. Dengan memberikan yang terbaik untuk konsumen Anda, bisnis Anda akan lebih berkembang dan bertahan di rentang panjang.

Mulailah Seketika
Dengan cara-cara yang sudah diceritakan di atas, Anda mungkin sudah mendapatkan gambaran perihal apa yang seharusnya Anda lakukan untuk menciptakan jualan Anda sebagai bisnis rentang panjang. Tiap bisnis pasti membutuhkan kerja keras dan bila Anda gagal dalam tes pertama, teruslah mencoba dan pantang menyerah.

Langkah-Langkah Memulai Bisnis Online di Shopee Bagi Pemula
-->