-->

Cara Jualan Online Dengan 5 Langkah Mudah dan Gampang

Jualan di Shopee Anda tak akan pernah mengira terbukti sesederhana ini sistem jualan online & memulai sebuah online shop sendiri.

Selain mudah, berjualan online pun sungguh-sungguh menarik, anda tak perlu menyewa ruko untuk diwujudkan sebagai toko dan bisa meraup jutaan rupiah dari rumah.

Pun dengan online shop, anda bisa jualan online tanpa modal sedikitpun, dengan sistem menjadi reseller atau dropshipper.

Di masa dimana berita sungguh-sungguh mudah tersebar hanya dengan satu klik, online shop atau toko virtual – daerah yang mengaitkan penjual dan pembeli – semakin memiliki daerah tersendiri dimasyarakat. Padahal semacam itu, bukan berarti jualan online shop tak membutuhkan perencanaan yang matang. Ada sebagian taktik yang patut kita ketahui supaya lebih sukses dalam berjualan online.


Perkembangannya yang kencang serta semakin bertumbuhnya pengunjung di online shop, memaksa para pengusaha atau marketer konvensional meniru tren. Lebih ketimbang itu, mereka bukan hanya meniru perkembangan tapi telah banyak yang mempelajari taktik sistem jualan online.

Cara jualan di shopee - Bila Anda berdaya upaya bahwa sistem jualan online & online shop hanyalah mitos serta berjualan secara konvensional konsisten lebih menarik, penelitian oleh Experian Simmons mengatakan berbeda.

Dari 4,887 online shoppers dengan jangka usia 25-54 tahun, 59.1% online shoppers merupakan wanita, 57.3% berpenghasilan di atas US$50,000 & 77.0% berpendidikan sederajat universitas atau lebih tinggi. Artinya, dalam perkembangannya, online shop akan semakin menjanjikan untuk meraup pangsa pasar potensial.

 Sangat dimaklumi, tak mudah bagi para pengusaha yang masih asing dengan platform online shop untuk memulai bisnis online dengan sistem mengintegrasikan produknya dari dunia riil ke dunia maya.

Oleh sebab itu, saya akan membagikan sebagian langkah aplikatif yang bisa diaplikasikan untuk mulai sistem jualan online dengan membuat sebuah online shop.

 1. Tentukan Sasaran Pasar

Sebelum masuk ke teknis sistem jualan online, apa yang patut ditentukan?

TARGET PASAR …

Menetapkan sasaran pasar merupakan kiat bisnis online yang paling prioritas sebelum masuk ke dalam tahap selanjutnya.

Bila jeli memandangnya, pasar seringkali telah terfragmentasi dengan sendirinya ke pelbagai variasi perkumpulan, kelompok sosial atau pelbagai variasi grup.

Contohnya, bila anda menjual pizza secara online & mengarah ke grup vegetarian sebagai salah satu sasaran pasar, anda pasti akan menyediakan pizza non-daging dengan pelbagai sayuran organik yang bisa terus dikreasikan & dieksplorasi baik dari aspek variasi bahan yang diaplikasikan hingga kreasi menu yang dijual.

Bila sasaran pasar anda ideal, karenanya segala taktik sistem jualan online anda akan menjadi sungguh-sungguh mudah sebab produk anda telah market fit.

Perusahaan seperti Sribulancer menyediakan layanan hal yang demikian. Konsultasi bisnis merupakan investasi jangka panjang bagi usaha anda, sebab bila dikerjakan dengan ideal karenanya return of investment-nya pun akan seimbang.

2. Jalankan Content Management

Berjualan online yang dipadukan dengan konten edukasi menjadi tren di segala dunia ketika ini.

Tetapi, seperti yang pernah ditekankan di tulisan sebelumnya, kunci dalam memenangi “peperangan konten” di masa sekarang merupakan dengan membuat & mengurus blog dengan baik.

Platform terbaik untuk menaruh sub-menu blog hal yang demikian merupakan sebuah laman produk atau online shop Anda.

Berdasarkan Pendiri WebScout – perusahaan online marketing usaha kecil dan menengah – Laura Greeno, sebuah blog merupakan penanda keahlian anda dalam sebuah industri atau pelayanan.

Berikutnya, tujuan dari blog itu haruslah untuk memenuhi segala keperluan berita tentang apa yang pelanggan anda pikirkan, rasakan & tanyakan mengenai produk atau layanan anda.

Content Management melibatkan banyak channel dan berorientasi membantu pelanggan.

Mengelola content dalam online shop – termasuk blog – patut dikerjakan dengan telaten & terencana .

Kemudian, lakukanlah social media marketing dengan membagikan segala berita yang diperlukan pelanggan di pelbagai platform social bookmarking atau microblogging seperti Tumblr, Facebook atau Twitter.

Posisikan anda untuk mudah ditemukan di dunia maya & siap dihubungi serta melayani pelangggan anda.

Telah banyak perusahaan taktik sistem jualan online-nya merupakan menyampaikan tulisan edukasi tentang sebuah persoalan yang sedang terjadi lalu diberi solusi yang akhrinya mengarah ke produk yang dijual perusahaan itu.

3. Pertimbangkan User Experience

Metode jualan online yang ideal merupakan bila anda dari permulaan telah memikirkan bagaimana pengunjuang laman merasa mudah & bersuka cita dengan pengalaman ketika berada dalam laman anda.

Saat anda mencari barang di online shop, anda tak berharap dipusingkan dengan banyak hal.

Anda berharap dengan mudah mendapatkan apa yang dicari & mendapatkan berita bermanfaat untuk membandingkannya dengan brand atau teladan lain.

Ya, itulah hal yang lebih-lebih – menentukan intelligent user experience (UX) navigation supaya online yang telah anda buat dengan platform apa saja itu konsisten mudah diaplikasikan oleh siapa saja yang memandangnya.

Memposisikan diri sebagai pelanggan merupakan langkah permulaan membuat pertanyaan UX navigation yang ideal.

Ketimbang memikirkan pertanyaan seperti “Tetapi saja yang patut ada di laman ini?” lebih baik mengoptimalkan pertanyaan yang lebih elaboratif seperti “Fitur apa yang akan menjadi experience tersendiri bagi pelanggan & memudahkan mereka mendapatkan berita yang lengkap?” atau “Bagaimana kita bisa menyediakan berita yang dicari oleh pelanggan dengan kencang & efisien?”

Jangan lupa juga untuk mengoptimalisasikan fitur calls-to-action (CTAs) seperti buy now, put in cart, contact customer service, dan lain sebagainya. Fitur ini patut mudah nampak & fleksibel bagi pelanggan sehingga mereka tak akan malas untuk kembali ke online shop Anda.

4. Buat Mailing List

Di tulisan sebelumnya telah digambarkan secara gamblang bahwa surat elektronik marketing tak akan pernah mati, setidaknya dalam 5-10 tahun mendatang. Untuk itu, memiliki mailing list yang yang updated sangatlah penting.

Lalu apa kegunaan mailing list? Menjalin relasi jangka panjang – bukan selalu untuk berjualan di depan wajah para pelanggan secara frontal.

Ingat, anda rutin berkomunikasi lewat surat elektronik dengan tujuan untuk selalu bisa membantu mereka, memberikan berita yang komprehensif, menuntaskan persoalan mereka dengan produk anda & yang lebih-lebih merupakan konsentrasi mendistribusikan konten yang baik untuk mereka.

Itulah sistem bisnis online yang ideal untuk mailing list anda.

Bukankah berdagang tujuannya untuk meraup untung sebanyak-banyaknya?

Ya, tak salah. Separuh bukan berarti anda hanya menjalankan kegiatan selling secara terus menerus. Penawaran sebuah produk patut konsisten dikerjakan tapi secara terencana .

Esensi relasi yang anda bangun dengan pelanggan bukan hanya hanya sekedar transaksi.

Neil Patel – pendiri KISSmetrics, Crazy Egg & Quick Sprout dan konsultan bisnis online – menggambarkan dengan mendefinisikan kembali marketing sebagai usaha untuk membantu pelanggan & menyalurkan content yang baik.

Dalam tujuh tahun usahanya, Neil Patel mengirim lebih dari 62 juta surat elektronik.

Bentuk dari revenue blog-nya berasal dari 184.000 lebih alamat surat elektronik yang dibantu – bukan hanya jualan, jualan & jualan.

Lebih berfokus pada membantu pelanggan ketimbang jualan bukanlah pernyataan asal-asalan.

Penelitian yang dikerjakan oleh GE Capital Retail Bank menonjolkan bahwa ketika mengunjungi online shop, 66% mencari berita garansi, 52% mencari berita harga, 51% mencari berita spesifikasi produk, 47% mencari berita sistem pembayaran/pendanaan & sisanya mencari berita diskon, ketersediaan barang serta tata sistem pengiriman barang.

Dari hasil riset hal yang demikian anda bisa meramu berita yang ideal dalam content online shop anda.

Intinya, sistem jualan online yang sukses lewat surat elektronik marketing haruslah sebuah komunikasi dimana anda menempatkan perusahaan anda sebagai persoalan solver.

Dengan menjadi persoalan solver, selanjutnya anda akan mendapatkan banyak acuan dari sahabat, kerabat & kolega dari klien yang telah anda layani.

5. Regu Bersepakat yang Metode

Metode jualan online anda akan jauh lebih tepat sasaran bila anda memiliki tim yang berdedikasi.

Manusia selalu menjadi elemen lebih-lebih dalam menjalankan segala taktik yang telah dibahas di atas.

Anda patut dengan jeli memilih personil yang memiliki janji & kesabaran yang tahapannya nyaris menyamai Mahatma Gandhi.

Sebab?  pelanggan bisa sungguh-sungguh menjadi tak terprediksi lebih-lebih dari segi emosional ketika melancarkan keluhan baik lewat teks ataupun telepon.

Cara Jualan Online Dengan 5 Langkah Mudah dan Gampang
-->