-->

Cara Jualan Online Dengan Sistem Dropship Untuk awal

Jualan di shopeeApabila dikala ini Anda belum tahu ingin jualan apa secara online, atau kebingungan mencari produk yang laris dan berkualitas, tapi nggak pula ingin keluar modal untuk beli stok barang, serta nggak ingin pusing dengan seluruh tetek bengek urusan pengiriman barang, karenanya sistem bisnis yang mungkin cocok untuk Anda yakni jualan online dengan sistem dropship.

Dengan sistem dropship ini, kita bisa berjualan online pelbagai barang fisik. Ada ribuan produk tersedia dijual dengan sistem dropship. Mulai dari sandal, sepatu, tas, buku, alat rumah tangga, barang elektronik, aksesoris, boneka, alat-alat kesehatan, dsb.

Profit yang kita bisa yakni dari selisih antara harga jual kita ke pembeli dengan “harga supplier” yang kita bayar ke supplier penyedia barang. Umumnya sekitar 20% – 35%. Bahkan bisa lebih, tergantung sistem kita jualan.



Gimana? Amat menarik bukan?

Sistem Memulai Jualan Online Dengan Sistem Dropship Untuk Pemula

Cara jualan di shopee - Apabila Anda masih pemula, aku menyarankan ada bagusnya cari supplier di marketplace yang mempunyai sistem rekening bersama, semisal tokopedia, bukalapak, dsb.

Kenapa? Sebab di marketplace tersebut, parameter-parameter yang bisa mengamankan transaksi kita sangat baik, dan dalam memilih supplier malahan kita bisa pilih yang sudah mempunyai reputasi terpercaya.

Bagaimana proses transaksinya, sehingga dikatakan lebih aman dan nyaman? Berikut ilustrasi simpelnya:


  • Misal kita sudah jalin kerjasama dengan salah satu penjual di tokopedia, ingin jualan sepatu. Harga jual dari supplier itu katakanlah Rp. 163 ribu.
  • Lalu kita jualan secara online di facebook atau instagram. Kita pasang foto produk dan menuliskan harga dan no kontak kita di facebook/instagram. Anggaplah kita jual dengan harga Rp. 199 ribu (belum termasuk ongkir).
  • Eh ternyata laku, ada sahabat kita di bandung yang berminat. Lalu sahabat kita itu transfer sejumlah harga jual + ongkos kirim ke rekening kita (info ongkos kirim bisa kita cek duluan misal ke laman jne, pos, dsb). Sebab ongkir ke bandung 9 ribu, karenanya sahabat kita itu transfer sebesar Rp. 199 ribu + Rp. 9 ribu = Rp. 208 ribu
  • Lalu kita login ke akun tokopedia kita. Segera order ke supplier yang sudah kerjasama tadi. Kerjanya kita order pada halaman produk yang ada di toko supplier. Nanti akan timbul jumlah total pembayaran, yakni harga barang + ongkos kirim. Sebab harga dari supplier 163 ribu dan ongkir 9 ribu, karenanya jumlah yang kita bayar yakni Rp. 172 ribu.
  • Nah disini konsep keamanannya. Uang sejumlah 172 ribu itu bukan kita bayar ke rekening supplier. Namun kita bayarnya ke rekening tokopedia. Nanti tokopedia akan menentukan terpenting dulu bahwa barang benar-benar sudah dikirim dan sudah hingga ke pembeli, barulah kemudian supplier bisa menerima uang pembelian kita itu. Dengan demikian, transaksi kita akan aman, terjaga dari pembohongan supplier.
  • Saat tadi kita order di tokopedia, kita sebutkan bahwa ini pembelian dropship (sudah tersedia kolom isiannya di tokopedia). Dengan demikian, dikala supplier mengirim orderan kita itu, karenanya pada amplop/bungkus kiriman, akan dicantumkan nama si pengirimnya yakni nama + no ponsel kita (atau toko kita)
  • Saat sahabat kita itu sudah menerima barang yang dikirim supplier, dia akan mengetahui bahwa yang mengirim barang itu yakni kita (toko kita), karena label alamat pengirimnya tercantum nama kita.
  • Nah, kini langkah terakhir tinggal memberitahu tokopedia bahwa barang sudah diterima. Karenanya barulah supplier kita itu bakal menerima uang pembelian kita.

  • Kaprah-kira demikian alur proses bertransaksi sistem drosphip. Cukup menolong bagi yang ingin mulai jualan online … meski belum punya produk sendiri dan malahan nggak perlu keluar modal sama sekali.

Bagaimana memilih supplier yang baik?

Berikut beberapa tips simpel:

1. Carilah yang benar-benar supplier

Sebab jualan di marketplace banyak juga yang reseller atau malahan yang jualan dengan sistem dropship lagi. Sebab itu penting untuk memilih yang benar-benar supplier. Ciri-cirinya kadang bisa dengan gampang kita tebak, antara lain produk yang terjual di tokonya sangat banyak (ribuan), gold merchant, punya lokasi fisik, dan mempunyai no kontak yang bisa dihubungi.

2.  Apabila kota supplier. Ini terkait dengan harga ongkos kirim. Itu kita jualan untuk konsumen bandung, karenanya carilah supplier yang lokasinya ada di Bandung. Observasi juga apabila kita jual ke surabaya, kalimantan, dst.

3.  Apabila reputasi dan respons supplier tersebut. Di marketplace tsb kita bisa lihat parameter-parameter seperti lama waktu respons apakah lambat atau cepat. Juga apakah admin supplier tsb selalu live/online ataukah sudah berhari-hari nggak online.

4.  Sebaiknya kontak terpenting dulu calon supplier tersebut, untuk menerima info lebih lanjut, semisal apakah produknya tersedia dalam jumlah banyak, apakah data stok real time, apakah bisa mendapatkan no kontak/wa nya, dsb.

MAU PUNYA TOKO UNTUK JUALAN ONLINE YANG SUDAH SIAP PAKAI NGGAK?
Itu anda ingin jualan online baik dengan sistem dropship, sangat baik sekali apabila anda juga punya toko online milik sendiri. Warung akan buatkan untuk anda toko online siap pakai dengan fitur-fitur sebagai berikut:

Warung anda akan mempunyai alamat domain .com sendiri semisal tokobaju.com atau apalah (terserah anda)
Warung anda itu sudah aku isi dengan produk yang Anda inginkan (optimal 10 produk), boleh produk sendiri, boleh juga produk reseller/dropship. Itu anda kebingungan ingin produk apa, bisa aku tolong dengan menginput produk yang aku rekomendasikan. Tuh … nikmat banget ‘kan? Benar-benar siap pakai.

Di toko anda itu, sudah aku isikan data kontak, no rekening bank anda dan juga data sosial media anda: nomor ponsel wa bbm line instagram facebook twitter dsb
Itu anda ingin menambah produk di toko online anda itu, caranya juga sangat gampang, yakni cuma tinggal upload foto produk, isi sedikit keterangan dan juga isikan harga pada kolom yang tersedia di toko online anda itu (terperinci tutorialnya tentu aku sediakan)

Cara Jualan Online Dengan Sistem Dropship Untuk awal
-->